Jumat, 08 Mei 2015

[Review] Sparkle - Eve Shi


Judul: Sparkle
Penulis: Eve Shi
Penerbit: Noura Books
ISBN: 978-602-1306-53-6
Tahun Terbit: Cetakan Pertama November 2014
Tebal Halaman: 265
Rate: 4/5
Blurp: Sparkle! Grup idola baru di dunia hiburan. Cantik. Sempurna. Suara indah. Tarian memikat. Dipuja. Disayangi.

Idola yang dicintai para fans. Inilah impian para personilnya.

Namun, ada harga yang harus dibayar. Semua tindakan dinilai. Semua penampilan diperhatikan. Keriangan dan teror bersatu. Diberi banyak cinta, tetapi tak boleh balik mencintai. Karena sang idola tak bisa dimiliki siapa pun.

Sampai kapan mereka bertahan?

Sinopsis

Sparkle menceritakan tentang suka dukanya menjadi anggota idol grup, yang dituturkan melalui salah satu personelnya, Rosalie. Sparkle sendiri disini merupakan idol grup yg baru terbentuk 3 bulan, dimana sudah ada idol grup sebelumnya yang sudah ada dan lebih terkenal.

"Padahal Ayah amati, Sparkle tidak terlalu menonjol di dunia entertainment. Kalah sama idol group satu lagi itu, yang sudah lebih ngetop." (h. 250)

Rosalie sebagai salah satu member Sparkle mengalami berbagai masalah, tetapi Rosalie berhasil menangani segala masalah dengan baik dan terus berusaha tanpa berpikir untuk menyerah.

Review

Ini adalah novel pertama karangan Eve Shi yang saya baca. Saya menyesal tidak membaca buku sejak awal padahal buku ini sudah berada ditimbunan sejak bulan Maret lalu.

Tema yang diangkat dinovel ini tentang seorang/sesuatu profesi. Bagi saya tema ini sangat menarik. Apalagi saat ini banyak orang ingin menjadi artis tenar, tapi mereka tidak paham kehidupan diketenaran itu sendiri. Yang mereka tahu hanyalah kehidupan di layar TV.

Di novel ini Eve bercerita dengan multiple karakter, dimana karakter pendukung punya permasalahan sendiri. Meskipun semua karakter memiliki masalah sendiri, membaca novel ini tidak membingungkan. Gaya ceritanya mengalir, seperti dongeng yang benar-benar ada dikehidupan nyata. Membaca novel ini kita akan merasa tokoh-tokohnya benar-benar hidup. Penulis berhasil menciptakan kepribadian yang beda-beda untuk ke-16 anggota Sparkle.

Saya menyukai cara penulis menjelaskan tentang adegan di backstage saat mereka bersiap untuk tampil. Saya terhanyut atas aura hiburan dalam narasi.

Saya merasa tokoh utama dalam novel ini—Rosalie sedikit dingin jadi emosi saat kejadian si tokoh utama marah, kesal, bahagia kurang begitu terasa. Berbeda dengan Divya memiliki karakter unik, disatu sisi Divya seperti anak kecil namun disisi yang lain Divya bisa menjadi dewasa saat temannya mempunyai masalah. Jadi emosi yang di bawa dari tokoh Rosalie dan Divya lebih terasa Divya.

Novel ini recommended banget untuk pencinta idol grup. Agar mengerti bagaimana susahnya menjadi public figure, Agar tidak mem-bully salah satu anggota grub jika ia keluar.

Resiko jadi public figure: pilihan yang diambil harus memuakan sebanyak mungkin orang. (h.172)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar