Kamis, 31 Maret 2016

[Review Buku] O - Eka Kurniawan




Judul: O
Pengarang: Eka Kurniawan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Maret 2016
Tebal: 478 halaman


Bulrp novel ini singkat tapi penuh misteri. Awalnya saya sedikit ragu memilih novel ini untuk Baca Bareng BBI, karena menulis review novel ini susah.

Novel ini sebenarnya berisi kritikan tentang binatang bisa lebih manusia daripada manusia dan manusia bisa lebih binatang daripada binatang.
Tokoh dalam novel ini yang membuat saya klepek-klepek adalah Entang Kosasih, monyet tengil yang semaunya sendiri dan memiliki impian yang luar biasa. Entang kosasih memiliki seorang kekasih bernama O monyet yang begitu lugu dan tulus.

Cara penulisan yang digunakan di novel "O" ini sama seperti novel Eka Kurniawan sebelumnya "Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas". Alur maju mundur, gaya cerita melompat-lompat dari kejadian A, lalu bisa ke C, lalu bisa kembali ke B, dan seterusnya dan sebagainya. Pokoknya sesuka hati penulis.

Karakter di novel ini juga cukup banyak. Sepertinya sudah menjadi ciri khas Eka menghadirkan begitu banyak karakter dengan nama-nama pun sifat yang unik. Eka tidak hanya menggunakan manusia sebagai karakter dalam ceritanya, tetapi juga hewan, berbagai macam hewan, serta juga benda mati. Semuanya kuat dan punya cerita masing-masing dan ending cerita masing-masing untuk setiap tokoh.

Novel ini terlalu bagus, sehingga dibutuhkan keahlian khusus agar dapat mengikuti cara bercerita Eka dan menangkap apa yang ingin disampaikan.




4 komentar:

  1. Ku belum berhasil menamatkan buku ini. Mood-nya sedang menguap

    BalasHapus
  2. Sedang ngumpulin receh buat beli buku ini

    (dion)

    BalasHapus
  3. pengin banget bisa baca buku, ini, terkendala dana, hahaha..

    BalasHapus
  4. siap2 nabung deh buat beli bukunya haha...
    btw follback blog aku ya :) beautiful-twentyone.blogspot.com makasihh :D

    BalasHapus