Selasa, 31 Mei 2016

[Review Buku] Lukisan Neraka (Kumpulan Cerita) - Ryūnosuke Akutagawa


Judul: Lukisan Neraka
Penulis: Ryunosuke Akutagawa
Penerbit: Kansha Publishing
Halaman: 200 halaman
Terbitan: Mei 2013

Blurp: Lukisan Neraka menceritakan tentang Yoshihide, seorang pelukis besar yang sering mengabaikan nilai-nilai moral. Karya lukisannya selalu menjadi kontroversi, sedangkan tindakan dan ucapannya membuat orang marah.

Pada saat seorang Pangeran memintanya untuk melukis neraka, Yoshihide mengajukan satu syarat, "Mohon Tuan bersedia membakar kereta yang berisi seorang bangsawan untuk saya saksikan..."


Review 
Buku ini berisi 6 cerita pendek.
1.      Lukisan Neraka
2.      Roda Gigi
3.      Kehidupan Seorang Bebal
4.      Dewa Agni
5.      Gerobak Dorong
6.      Jeruk

Cerpen Lukisan neraka yang sekaligus menjadi judul dan synopsis cerpennya menjadi bulrp novel ini, Saya tidak perlu menjelaskan lagi bagaimana jalan ceritanya, karena sudah ditulis di cover belakang buku ini yang harus saya akui Akutagawa benar-benar gila dan cerpennya juga gila.

Cerpen Roda Gigi dan Kehidupan seorang bebal saya rasa adalauh auto-biografi dirinya. Tapi saat membaca Kehidupan sorang bebal saya tidak begitu paham. Kehidupan seorang Bebal mengunakan cara bercerita ala flashfiction, cara bercerita ini menarik, tapi entahlah saya kurang paham. Mungkin saya harus membaca sekali atau dua kali lagi agar paham,

Yang menjadi favorit saya adalah Dewa Agni. Cerpen ini menceritakan tentang seorang peramal yang menggunakan bantuan Dewa Agni dalam meramal. Dewa Agni ini merasuki tubuh seorang gadis yang di culik sang peramal sebagai media berkomunikasi. Cerpen ini kelam dan cukup menegangkan, meskipun endingnya ‘biasa’ (saya anggap biasa karena Akutagawa pasti bias menulis lebih dari ini), tapi tetap menjadi favorit saya

Secara keseluruhan, ini buku yang bagus. Terjemahannya juga enak dibaca.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar