Sabtu, 08 Juli 2017

Le Petit Prince, Pangeran Cilik- Antoine de Saint-Exupery

Judul: Le Petit Prince, Pangeran Cilik
Penulis: Antoine de Saint-Exupery
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 120 Halaman
Tahun terbit: Cetakan I, 2011
ISBN: 978-979-22-7964-7
Rate: 4/5
“Orang dewasa tidak pernah mengerti apa-apa sendiri, maka sungguh menjemukan bagi anak-anak, perlu memberi penjelasan terus-menerus.” (halaman 8-9)

Bukuini ttipis. Ditulis dengan bahasa yang sederhana, yang mengingatkan kita pada buku anak. Cerita di awali dengan “aku” yang pesawatnya jatuh di gurun sahara karena mesinnya rusak. Di tengah kebimbangannya, tiba-tiba datang seorang lelaki kecil, tidak nampak bekas perjalanan jauh padanya juga tak nampak kelelahan, yang memintanya menggambar seekor domba.
Dari perkenalan ini, sedikit demi sedikit cerita tentang asal-muasal Pangeran Cilik terkuak. Kisah tentang planet tempat tinggalnya. Kenapa ia meninggalkan tempat tinggalnya itu. Tempat-tempat yang ia singgahi sebelum mencapai bumi, mulai dari bertemu seorang raja, orang sombong, pemabuk, pengusaha, penyulut lentera, sampai bertemu ahli bumi yang masing-masing dari mereka tinggal di planetnya sendiri-sendiri. Lalu Pangeran Cilik akhirnya sampai di Bumi.
Bagi pangeran cilik, bumi sangat menarik. Di bumi ia bertemu bertemu dengan ular berbisa, bunga berkelopak 3, naik gunung yang tinggi, bertemu 5 ribu mawar yang mirip dengan sebatang mawar yang ada di planetnya, “menjinakkan” rubah, bertemu tukang wesel kereta api dan, pedagang pil canggih. Sampai kemudian bertemu dengan tokoh Aku.
Buku ini menyindir orang-orang dewasa yang sering luput melihat sesuatu yang dilihat anak-anak. Juga mengajarkan tentang tanggung jawab, kekuasaan, dan kasih sayang, hubungan dengan manusia dan alam sekitar.
Buku ini sesungguhnya merupakan nasehat untuk orang dewasa yang dikisahkan melalui sudut pandang kanak-kanak. Perjalanan pangeran cilik dari satu planet ke planet lain bertemu dengan bermacam-macam orang, seperti menyindir bagaimana ragam manusia dibumi.
Terakhir, buku ini bagus. Dan bisa dibaca kapan saja, berulang-ulang. Selesai membacakita selalu menemukan hal baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar