Jumat, 08 Desember 2017

Kumpulan Budak Setan - Eka Kurniawan dkk


Judul: Kumpulan Budak Setan
Pengarang: Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, dan Ugoran Prasad
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Februari 2010
Tebal: 174 halaman
Rate: 4/5

Kumpulan Budak Setan ini terbagi menjadi tiga bagian. Tiap bagian terdiri dari empat cerpen.
Ada 12 Cerpen di buku ini. Dan saya akan mengulas satu cerpen yang paling saya suka dari tiap penulis.

Empat cerpen karya Eka kurniawan tidak begitu terasa horornya, tidak sadis. Dalam 4 cerpen ini Eka menulis tentang mitos dan kepercayaan-kepercayaan yang berhubungan dengan hal-hal mistis. Cerpen yang paling berkesan buat saya “Jimat sero”.

Dalam buku ini, keempat cerpen Intan Paramaditha terasa lebih menegangkan, Intan seperti ingin membuat cerita horror yang berbeda. Lebih sadis dan sexy. Intan menggabungkan kisah-kisah yang terkenal mulai dari Nabi Yusuf, si Manis Jembatan Ancol, hingga Snow White dan 7 dwarfs. Cerpen yang saya suka “Si Manis dan Lelaki Ketujuh. Setelah membaca cerpen ini saya hanya bisa berdecak kagum lantas mengumpat “darimana ide sehingga bisa menulis hal gila semacam ini”

Ugoran Prasad mengambil ide yang beragam. Tentang darah, balas dendam dan birahi, tapi entah kenapa cerpen-cerpen Ugo tidak terlalu membekas, gaya berceritanya kurang lugas. Mungkin ini masalah selera. Cerpen Ugoran Prasad yang menjadi favorit saya Topeng darah.

Cerpen-cerpen di buku ini sungguh mengagumkan. Akhir kata, buku ini saya rekomendasikan untuk yang mengaku pencinta kumpulan cerpen maupun karya fiksi bertema horor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar