Rabu, 26 Agustus 2015

[Review] Tentang Kita - Reda Gaudiamo


Judul: Tentang Kita
Penulis: Reda Gaudiamo
Editor: Herlina P. Dewi
Proof Reader: Weka Swasti
Foto & Desain Cover: Linda Thio
Penerbit: Stiletto Book
Cetakan I: April 2015
ISBN: 978-602-7572-37-9
Rate: 4/5




Review

Buku kumpulan cerpen Tentang Kita ini berisi 17 buah cerpen yang pernah dimuat dibeberapa media cetak, dengan judul sebagai berikut:

  1. Ayah, Dini, dan Dia
  2. Mungkin Bib Benar
  3. Anak Ibu
  4. Potret Keluarga
  5. Tentang Kita
  6. 24 x 60 x 60
  7. Si Kecil
  8. Perjalanan
  9. Bayi
  10. Menantu
  11. Taksi
  12. Minggu Dini Hari
  13. Aku : Laki-Laki
  14. Maaf
  15. Cik Giok
  16. Dunia Kami
  17. Pada Suatu Pagi

Ke-17 cerpen dibuku ini nyaris sempurna, tapi ada beberapa yang menjadi favoritku

Si Kecil
Berkisah tentang seorang anak lelaki dengan kaki kiri tak normal, selalu duduk dan mengemis di tempat yang sama, di jembatan penyeberangan. Seberang kantor, tempat sepasang suami isteri bekerja. Tokoh aku mulai merasa ada yang aneh saat Nala—suaminya, selalu memberi uang receh kepada anak kecil itu. Ternyata Nala ingin membawa anak kecil itu pulang ke rumah mereka, ide ini jelas ditolak mentah-mentah oleh tokoh aku. Sebuah peristiwa pencopetan dompet yang melibatkan tokoh aku dan si kecil membuat tokoh aku berubah pikiran, dia akhirnya berubah pikiran untuk mengajak Si Kecil tinggal bersama mereka. Saat Aku ingin menjemput si kecil, anak itu sudah tidak ada di jembatan.

Anak Ibu
Tidak ada narasi di cerpen ini, semua dialog. Tapi tidak terasa monoton. Malah apa yang ingin Reda sampaikan terasa sekali. Beberapa kali saya membaca cerpen yang full narasi, seringkali saya kebingungan menentukan siapa tokoh yang sedang bicara. Tapi saat membaca cerpen ini saya tidak merasakan hal itu, saya sangat menikmatinya. Cerpen ini bercerita tentang seorang ibu yang memaksakan kehendak pada anaknya, menuntut ini itu. Bahkan urusan nilai ulangan, jurusan sekolah, pekerjaan dan keluarga Ibu yang mengaturnya. 

Ini pertama kalinya saya membaca tulisan dari Reda Gaudiamo, dan aku langsung suka dengan gaya berceritanya. Alur cerita mengalir lancar, mudah dicerna dan karakter tokoh-tokohnya yang tergambar dengan kuat. Semua ceritanya sederhana tapi banyak hal tentang nilai-nilai kehidupan yang bisa diambil. Memang judul-judul cerpen dibuku ini sangat senerhana, tapi dibalik judul sederhana ini ada kisah yang luar biasa.

Ada beberapa typo, contohnya pada cerpen “Potret Keluarga” nama Addo mendadak berubah menjadi Tino (hal 44).

Buku ini cocok dibaca di waktu senggang, saya merekomendasikan buku ini untuk yang menyukai membaca buku yang habis dibaca dalam sekali duduk.


2 komentar:

  1. lama gak baca buku, tapi yang isinya kumpulan cerpen terlihat lebih menarik..

    BalasHapus
  2. Cerpennya memang keren. ngak ribet, mudah dimengerti tapi ceritanya tidak biasa. Saya suka judul Mungkin Bib Benar, Si Kecil dan Pada Suatu Pagi.

    BalasHapus