Kamis, 02 Juli 2015

#TerusBergegas GagasMedia

Wah.. GagasMediaa Mau berulang tahun lagi nih.
Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Gagasmedia juga membuat Kado untuk Blogger, di mana blogger-blogger beruntung bisa dapat hadiah buku dari Gagasmedia. Asik kan? Seru kan? 
Untuk memeriahkan hari jadi GagasMedia, aku ikutan tantangan menjawab 12 tantangan dari Gagas Media.

Buat yang mau ikutan juga, persaratan dan pertanyaan cek disini yaa.

Dan, ini jawaban versiku dari pertanyaan diatas

1. Sebutkan 12 buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!
Membaca buku bagiku adalah jalan-jalan. Ada banyak perjalanan yang seru dan menantang yang didapat setelah membaca buku. Dan inilah buku-buku yang memiliki perjalanan berkesan bagi saya.
1. Cantik itu Luka - Eka Kurniawan
2. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas - Eka Kurniawan
3. Sabtu Bersama Bapak - Aditya Mulya
4. Matilda - Roald Dahl
5. Kedai 1002 Mimpi - Dee
6. Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah - Tere Liye
7. Cerita Buat Para Kekasih - Agus Noor
8. Refrain - Winna Efendi 
9. Ai - Winna Efendi 
10. Berjuta Rasanya - Tere Liye
11. Priceless Moment -  Prisca Primasari
12. Negeri di Ujung Tanduk -Tere Liye

2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis?



Hafalan Shalat Delisa. Aku menangis saat Delisa kecil yang polos berkata, "Delisa cinta Ummi karena Allah."

Sabtu Bersama Bapak juga sukses bikin menangis. Aku selalu saja menangis jika membaca novel bertema keluarga, tapi novel Sabtu Bersama Bapak adalah novel yang sukses membuatku menangis kejer. Kalimat penutup di video "Bapak sayang kalian." membuat saya teringat Bapak yang bekerja temi keluarganya.

Ayah Pemilik Cinta yang Terlupakan juga membuat saya menangis. Beberapa cerita sangat menyadarkan jika Ayah adalah sosok yang sering terlupakan cintanya. Seorang Ayah sering menyadarkan, menguatkan, memberi cinta, perhatian meski semuanya tak tampak secara langsung.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?

“Tidak ada persahabatan yg sempurna di dunia ini. yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya.” ― Winna Efendi, Refrain

“..., kehidupan ini tak selalu memberikan kita pilihan terbaik. Terkadang yang tersisa hanyalah pilihan-pilihan berikutnya. Orang yang bahagia selalu berpegangan pada pilihan kedua yang terbaik, selalu berpegangan pada pilihan kedua yang terbaik…. Melupakan pilihan pertama yang tak pernah bisa kau capai… ...” ― Tere Liye, Berjuta Rasanya

4. Siapakah tokoh dalam buku yang ingin kamu pacari? Berikan alasan.


Wangga dari novel Dear Sister - Rosemerry. Lelaki yang cukup populer--karena dia anggota band-- yang pantang menyerah mengejar cinta, mudah memaafkan dan menerima kekecewaan dengan lapang dada, bisa mencairkan suasana yang kaku. Mungkin lelaki di dunia ono yang seperti Wangga hanya ada 1 dibanding 100

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak kamu lupakan!


Ending paling berkesan dan sulit dilupakan adalah . Saya tidak pernah mengira jika endingnya seperti itu. Plot yang digunakan kilas balik, mengajak pembaca untuk menemukan filsafat kehidupan dari "burung yang impoten". Saya Sudah mengira jika endingnya si "Burung" akan terbangun, namun Eka membuat ending yang lebih dari itu. si "Burung" terbangun lalu tertidur lagi dengan meninggalkan pesan pada si tokoh,

6. Buku pertama Gagasmedia yang dibaca?


Buku GagasMedia yang pertama kali saya baca adalah Si Parasit Lajang: Seks, Sketsa, & Cerita - Ayu utami. Novel ini terbit tahun 2003, saya membaca cetakan ke-enam.  Membaca halaman-halaman awal buku ini, saya cukup menikmatinya, bahkan saya ikut masuk dalam suasana kegembiraan ataupun kegetiran yang diciptakan oleh penulis. 

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang paling menarik?

Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri karya Bernard Batubara.  Biasanya novel yang saya baca selalu saya mengungkapkan segi positif dari Jatuh cinta. Namun di novel ini, Kak Bara menguak sisi kelam dari jatuh cinta. 

8. Lihat rak bukumu, cover buku apa yang kamu suka? Kenapa?

GagasMedia selalu bisa membuat cover yang enak dilihat dan apik. Hampir semua novel Gagas memiliki cover cantik. Tapi saat meng-obrak-abrik rak saya memilih Interclude - Windry Ramadhina. Saya selalu suka cover novel abstrak. Terlihat penuh misteri dan memiliki keindahan yang tinggi.

9. Tema cerita apa yang kamu sukai? Kenapa?
Sebenarnya saya membaca segala jenis tema, tapi saya menyukai tema persahabatan dan keluarga.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui? Kalau ketemu kamu mau apa?
Agus Noor, Penulis cerpen yang cukup terkenal. Dia orang yang menginspirasi saya untuk menulis. Saya mengoleksi karya-karyanya baik itu dalam bentuk buku, buku keronyokan, maupun arsip cerpennya di koran. Namun sampai saat ini saya belum pernah bertemu. Kalau bertemu saya ingin ngobrol tantang bagimana jalan yang dilewati Agus Noor sehingga ia bisa menjadi Agus Noor yang sekarang

11. Lebih suka baca e-book atau buku cetak? Kenapa?

Buku cetak. Karena mata saya tidak kuat untuk terus mantengin laptop. Alasan lain karena saya menyukai bau buku.

12. Sebutkan 12 kata untuk Gagasmedia menurutmu!

Terus bersinar didunia perbukuan. Tetap inovatif, variatif, kreatif, edukatif dan terus Bergesas





1 komentar: