Kamis, 09 April 2015

[Review] Andante Part 1: The Fallen Wings - Ida R Yulia

Judul: Andante Part 1: The Fallen Wings
Penulis: Ida R Yulia
Penerbit: Grasindo
Jumlah halaman: 294 halaman
Tahun Terbit: Mei 2013
ISBN: 13- 978-6022510611
Rate: 3/5
Blurb: "Kyuhyun...." yunho menghela nafas panjang. "Mati bukan solusi, kau tahu? Memilih mati daripada menghadapi masalah yang sedang memelit kita, itu sama halnya dengan tindakan seorang pengecut. Kau tak tahu betapa sakitnya hyung kehilanngan junsu. Apalagi hyung menjadi bagian dari penyebab ia lumpuh secara tidak langsung.... "

" Tidak seberapa dibandingkan aku dengan Donghae- hyung," sela kyuhyun tajam.

"Jangan Menyela," tanggap yunho tegas, menatap kyuhyun tak berkedip." Situasi kita memang berbeda. Hyung tahu kau jauh lebih sakit, lebih frustasi dari pada hyung. Kita dikaruniai otak untuk befikir. menyaksikan maslah, serumit apa pun, Kita harus yakin akan ada jalan keluarnya jika kita mau mencarinnya akan tidak mudah menyerah kalah... "

" Bicara memeng gampang ." Kyuhyun memotong lagi, sinis.

Adante bernuansa gelap. Angst lebih tepatnya. Penuh dengan konflik emosional, hingga meluas menjadi konflik yang menyebabkan benturan fisik. Luka dalam hati yang menjadi luka berdarah, bersayat yang kemudian menjadi luka nyata yang terlihat. Mana yang jahat mana yang baik tak gampang itu bisa dinilai tanpa melihat dari berbagai sisi. Berbagai sudut pandang. White atau Black Ave yang berbeda hanyalah warna sayap. Manusia?

Mereka punya sayap, hanya saja tak kelihatan. Semua orang memakai topeng, memiliki lebih dari satu wajah didepan cermin. Bisa jadi kau PUTIH yang berjiwa HITAM, ataupun Hitam yang berjiwa Putih, atau cari aman dengan menjadi ABU-ABU.
Mana yang benar, mana yang salah
Jika Kau merasa menjawab, belum tentu kau benar.

Review

Novel ini menceritakan tentang Kyuhyun yang baru belajar mengepakkan sayap tiba-tiba mendapati sayap putihnya berubah hitam. Padahal ia adalah seorang White Ave—pemakan makanan manusia normal. Tapi setelah menjadi Black Ave, ia harus memakan jantung manusia untuk bertahan hidup. Pada saat yang sama, ia harus meninggalkan kakak-kakak asuh yang teramat ia sayangi. Sementara itu, Hangeng yang telah menjadi Black Ave, mengincar Kyuhyun untuk memusnahkannya karena dianggap berbahaya bagi kelangsungan hidup kaum Ave.

Sebenarnya sudah lama baca novel ini, hanya saja baru sempat memberikan sedikit ulasan.
Ini adalah novel karya Ida R Yulia yang pertama saya baca. Sebelumnya saya tahu jika beliau telah menulis novel berjudul A Short Journey, namun belum sempat membelinya. Yang saya tahu Ida R Yulia selalu menuliskan novel bersetting korea dan tak jarang novel yang ditulisnya bergenre fanfiction.

Novel ini berbeda dengan novel genre fanfiction yang lain, tidak menye-menye. Sama sekali tidak mengangkat unsur romance. Saya smenyukai genre friendship and family di dalam novel ini.

Banyak kejadian-kejadian yang tidak terduga di dalamnya. Kyuhyun yang sebenarnya merupakan sumber dari segala-galanya, namun dia tidak tahu apapun. Setiap tokoh dalam novel ini digambarkan buram. Tidak jelas siapa yang baik siapa yang jahat. Namun penggambaran tokoh yang buram ini merupakan daya tarik tersendiri.

Selain penggambaran tokoh dan alur serta konflik yang keren. Daya Tarik novel ini ada di desain cover dan gambar sketsa KyuHyun di balik cover yang menurut saya sangat menarik. 

Novel ini saya rekomendasikan untuk pecinta kisah fantasi dan fanfiction.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar