Sabtu, 25 April 2015

[Review] RIPIN—Cerpen Kompas Pilihan 2005-2006


Judul Buku: RIPIN—Cerpen Kompas Pilihan 2005-2006
Penerbit: PT. Kompas Media Nusantara
Cetakan:  Kedua, November 2007
Tebal: 180 hlm
ISBN: 978-979-709-314-3
Rate: 3/5
Review

Terdapat enam belas cerpen dalam buku ini. Dan cerpen favorit saya adalah Canorang karya Eka Kurniawan. Cerpen ini menceritakan tentang keserakahan orang dewasa yang mengambil hewan hamper punah dari habitatnya, keserakahan inilah yang merupakan penyebab kematian baby. Selain itu, saya juga menyukai cerpen Ripin, Ibu Pergi Ke Laut, dan Bocah-bocah Berseragam Biru Laut.

Cerpen Ripin bercerita tentang keinginan Ripin untuk menonton pasar malam bersama ibunya. Ripin ingin mempertemukan idola ibunya Rhoma Irama—yang kebetulan di pasar malam tersebut ada orang yang mirip Rhoma Irama. Keinginan itu diiyakan ibunya, tapi Bapaknya menentang. Akhirnya Ripin bisa melihat pasar malam itu meskipun hanya sendiri karena ibunya tetalh mati karena bertengkar dengan Bapakknya

Cerpen Ibu Pergi ke Laut bercerita tentang kepergian ibunya Dinda yang katanya ke Aceh lalu berlanjut pegi  ke laut. Dinda berkeinginan untuk tetap menulis surat ke ibu melalui kapal kertas. Dan mengirimkan lewat sungai.

Cerpen Bocah-bocah Berseragam Biru Laut bercerita tentang seorang anak yang akhirnya mati karena tergerus kebutuhan dunia kini. Kritik tentang kematian karena muntaber, kurang gizi, atau pun kelaparan juga dibahas di cerpen ini.

Sebagian besar cerpen pilihan kompas didi tahun 2005-2006 mengangkat sudut pandang anak-anak—meskipun buku ini bukan buku anak-anak.

Saya menikmati membaca buku ini.

1 komentar: