Senin, 06 April 2015

[Review] Majo and Sady - Jung Chul Yeon

Judul: Majo & Sady Vol.I
Penulis: Jung Chul Yeon
Penerbit: Haru
Jumlah Halaman: 300 halaman
Tahun Terbit: 2011 (Januari 2015 oleh Haru)
ISBN: 9786027742406
Rate: 3/5

Blurp: Sady adalah seorang wanita karier dan Majo adalah suami yang mengurus rumah tangga.

Majo selalu berpikir bahwa pelatihan untuk menjadi suami pengurus rumah tangga memang seharusnya diadakan.

Majo & Sady memarodikan kehidupan sehari-hari masyarakat Korea Selatan usia 20-30 tahunan yang bisa membuat kita terharu dan tertawa sambil berkata, “Ternyata tidak hanya aku saja yang mengalaminya”.





Review

Majo&Sady merupakan web comic yang mengisahkan kehidupan nyata sang komikus, Jung Chul Yeon. Komik ini menggambarkan kehidupan perkawinan antara Majo dan Sady yang berbeda profesi. Dikemas dalam bentuk parodi dan mungkin dialami oleh masyarakat Korea Selatan usia 20-30 tahunan lainnya. Tak jarang kisah-kisah di dalamnya memancing haru dan gelak tawa. Masalah-masalah klasik rumah tangga yang memancing perdebatan namun juga dibalut dengan persahabatan antara keduanya.

Tahun ini adalah tahun ketigaku menjadi suami yang mengurus rumah tangga. Aku juga seorang kartunis. (hlm. 9)

Karena komik ini merupakan kehidupan nyata penulis maka saat membaca kita akan sering menemukan kejadian yang sering kita alami sehari-hari. Seperti bagaimana Majo mengejek Sady yang terantuk pintu kulkas, yang selalu diulang-ulang sampai Sady marah. Atau bagaimana pelupanya Sady, menanyakan tentang barang yang ternyata dipegang, lupa membawa dokumen ke kantor, dan yang juga sering terjadi pada saya, membuat list barang yang ingin dibeli di supermarket namun sesampainya di supermarket listnya tertinggal di rumah.

Daya tarik komik ini selain karakter Majo dan Sady yang imut banget ialah plot ceritanya yang simple, menghibur, bahkan beberapa cerita mengharukan.

Favorit saya adalah kisah tentang pengabdian mobil Majo yang rela menderita asal majikannya bahagia. Sepertinya nasib si mobil juga tidak berakhir manis, karena di bagian selanjutnya terungkap ia diganti juga dengan yang baru.

Buku ini cukup menghibur, Saya merekomendasikan untuk membaca buku ini bagi kalian yang menyukai kehidupan urban Korea dan ingin lebih banyak mengetahui tentang gaya hidup di sana. Dan yang pasti, buat kalian-kalian yang menganggap mengurus rumah tangga itu mudah, coba baca buku ini dan pikirkan sekali lagi.

Kutipan menarik yang saya suka:

  1. “Karena Tuhan… cuma akan memberikan rasa sakit sebatas kemampuan umat-Nya saja.” (hlm. 21)

  2. “Apa kau tahu? Hidup itu seperti perang. Rumah adalah medan perangnya. Pengurus rumah tangga adalah komandannya.” (hlm. 72)

  3. Pengurus rumah tangga adalah sosok yang harus tampil di semua aspek kehidupan. (hlm. 72)

  4. Pengurus rumah tangga tidak mendapatkan pelatihan sama sekali…tapi langsung dilempar ke medan perang. (hlm. 73)



2 komentar: